Jumat, 15 Januari 2016

Menulis Itu Sulit?

Bismillah...


“Bagaimana caranya bisa menulis?

menulis itu sulit?, emak-emak blogger, Ella Nurhayati, menulislah, bang Syaiha, menulis setiap hari, menulislah,menulislah,http://kataella.blogspot.com
Sumber: Google Image

Pertanyaan ini sering kali aku dengar dari orang-orang yang ingin menulis namun masih takut untuk memulainya. Masih banyak pertanyaan serupa meski tak sama. Intinya mengeluhkan ketidak-mampuan menulis. 

So, jika banyak yang bertanya demikian haruskah aku teriak kepada dunia bahwa menulis itu sulit? Tidak! Bukan itu maksudku. Menulis itu mudah, teman. Kita mudah sekali saat menulis sebuah status di akun facebook, bukan? Kita mudah sekali menulis sebuah pesan singkat di ponsel, bukan?

Aku tidak melemahkan semangat teman-teman yang ingin menjadi penulis. Karena aku pun sama. Masih belajar. Belajar bisa menulis dengan baik. Jika hanya beberapa kalimat untuk status facebook mungkin saya bisa, sangat bisa sekali. Namun apakah esensi dari semua tulisan itu? 

Menulis itu sulit jika kita termasuk orang yang sering dibuat pusing dengan banyaknya pilihan ide. Bingung dengan bejibunnya pilihan tema dan topik yang menarik di sekitar kita. Maka menulislah hal-hal kecil yang kita sukai tentu saja bermanfaat dan memberi maslahat. Tidak usah muluk-muluk tulisan kita sempurna. Yang terpenting adalah tulisan kita bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Untuk membuat sebuah tulisan yang bermutu dan bermanfaat untuk orang lain, kita tidak perlu menunggu untuk menemukan kata–kata yang indah. Kita hanya perlu menulis apa saja yang ingin kita tulis. Menyampaikannya dengan lugas dan sederhana. Maka sekali lagi aku katakan, menulis akan menjadi sulit jika kita selalu inginkan kesempuraan secara instan. Menulis dengan benar dan baik, pastilah jadi beban jika belum terbiasa menulis dan tak mau dilatih untuk menulis.

“Saya sudah mengazamkan kepada diri saya sendiri untuk menulis setiap hari. Tidak banyak sih, minimal satu halaman saja. Karena, menurut saya menulis adalah sebuah keahlian, maka ia harus diasah tiap hari, harus dilatih setiap hari.

Kutipan ini aku ambil dari salah satu status facebook seorang penulis di Forum Llingkar Pena Bogor. Beliau aktif menulis setiap hari di blog pribadinya. Terbukti dari keuletannya, kini penulis yang akrab dipanggil Bang Syaiha itu sudah menelurkan beberapa buku dan selalu memberikan inspirasi di blog dan fanpagenya. Ahh, love deh buat suamiku tercinta. Hehehe.

“Dulu tulisan saya amburadul, jeleknya minta ampun. Tapi semenjak menjalankan program menulis setiap hari sejak akhir 2011 lalu, saya melihat peningkatan dalam tulisan-tulisan saya. Walaupun belum sebaik penulis-penulis tenar, tapi setidaknya saya sudah memetik manfaat dari menulis setiap hari.” Lanjutnya lagi.

Jadi, tetap menulis, karena dengan terus berlatih menulis, maka kita akan bisa dan terbiasa menulis. Semakin lama akan semakin lihai menyusun informasi dan memberi opini melalui tulisan. Tak percaya? Silakan dicoba langsung dengan menulis. Karena jika sekedar menulis sebenarnya gampang. Namun jika ingin bisa dan terbiasa menulis dengan benar dan baik, tidaklah gampang. Itu sebabnya, perlu berlatih terus menulis, serta rajin membaca.


Sekian.


#OneDayOnePost
#HariKelima

1 komentar:

  1. Aku juga lagi nyoba mbak, satu hari satu postingan
    Gara2 kena virusnya suami sampean :v

    BalasHapus