Selasa, 16 Februari 2016

Bagaimana Menerima Uang Via Western Union?

Bismillah...

Tetiba aku mendapat sebuah pesan singkat dari seorang sahabat dekat. Ia berdomisili di Sabah Malaysia. Jauh memang, namun terkadang ikatan hati kami sangat erat. Karena cintaNya yang kuat. Panggil saja Ummi Laila. Penyuka warna ungu dan berbagai bunga.

Wanita yang berprofesi jadi cigku itu mengirim sejumlah uang. Karena beberapa minggu sebelumnya aku mengirim buku ke alamat rumah cigku. Sebenarnya aku tidak meminta ia mengganti uang itu, tapi tidak elok juga kalau menolak rejeki yang memang untukku. Hehe.

Ummi Laila mengirim uang menggunakan jasa WU atau Western Union. WU adalah perusahan yang bekerja sama dengan perbankan, dan beberapa perusahan besar di Indonesia. Contohnya yang sering aku jumpai sih Indomart dan Kantor Pos Indonesia. Dua tempat ini menyediakan jasa pengiriman dan penerimaan uang. Tujuan dalam dan luar negeri.

Tapi memang, tidak sesimpel menggunakan jasa transfer bank. Misal menerima uangnya, maksudnya tidak seperti transfer melalui rekening bank yang tinggal duduk manis di rumah. Sedangkan WU harus mengambil langsung ke kantor pos atau Indomart.

Nah, apa saja sih persyaratannya? Kebetulan tadi pagi aku ke kantor POS mengambil kiriman dari Ummi Laila.

Pertama, sebelum berangkat, kita siapkan dulu foto copy identitas, kalau aku pakai KTP. Jangan lupa nomor MTCN (Money Transfer Control Number), semacam nomor transfer dari si pengirim uang.

Kedua, mengisi formulir penerimaan uang yang disediakan di kantor POS. Termasuk di sana harus menuliskan MTCN, tanpa nomor ini otomatis tidak akan bisa menerima uang.





Ketiga, lampirkan fotokopi KTP. Serahkan ke petugas bersama formulir yang sudah diisi. Nama penerima harus sama sesuai dengan bukti identitas. Tapi jangan khawatir, di formulir ada dua alamat; alamat KTP dan alamat domisili.

Nah, setelah semua selesai, pastikan formulir sudah diisi dengan benar. Jangan sampai sepertiku tadi pagi, bulak balik ngisi karena salah tulis. Hehehe. Tunggu sebentar petugas akan memproses data yang kita isi. Paling sepuluh menit-an. Uang akan diberikan sesuai jumlah yang dikirim.


1 komentar:

  1. Masya Allah.. nambah informasi nich.. makasih mbak..

    BalasHapus