Senin, 01 Februari 2016

Bang Alif dan Flubby Jelly

Bismillah...

Weekend memang menjadi momen paling ditunggu olehku. Karena bang Alif biasanya lebih puas bermain dengan Abinya. Selain dipakai untuk istirahat, suamiku biasanya membersamai bang Alif juga. Makanya ia nggak berani buka laptop kalau bang Alif masih ON. Masih aktif ngacir sana-sini.


http://kataella.blogspot.com, emak-emak blogger, Ella Nurhayati, cara membuat flubby jelly, melatih sensori dengan flubby jelly, flubby jelly, bermain dengan flubby jelly, permainan anak preschool, membuat mainan sederhana


Kemarin aku membuat sebuah DIY dari jelly powder. Ini adalah kedua kalinya bang Alif bermain flubby jelly. Membuatnya sangat mudah. Cukup siapkan satu bungkus jelly powder dan dua liter air. Dimasak seperti membuat jelly biasa. Masukan ke wadah yang sudah ditaruh mainan. Agar mendapatkan hasil yang lebih bagus, masukkan kulkas kurang lebih satu jam. Flubby jelly siap dimainkan.


http://kataella.blogspot.com, emak-emak blogger, Ella Nurhayati, cara membuat flubby jelly, melatih sensori dengan flubby jelly, flubby jelly, bermain dengan flubby jelly, permainan anak preschool, membuat mainan sederhana


Manfaatnya apa sih?

Pertama, mengenal tekstur. Karena jelly mempunyai tekstur yang unik. Kenyal, sedikit cuwi dan licin. Bang Alif awalnya hanya menunjuk-nunjuk saja, aneh dengan teksturnya. Lama kelamaan mulai berani memegang bahkan meremat-remat. Tapi tetap saja, ekspresi wajahnya bikin gemes. Terlebih saat aku arahkan kakinya menginjak jelly, bang Alif langsung mengerutkan kening.

Kedua, mengenal suhu. Sebelum dimainkan, jelly dimasukkan ke kulkas dahulu. Supaya hasilnya lebih bagus dan mempunyai sensasi dingin yang asik. Tujuannya mengenalkan suhu dingin kepada anak. Ya, bang Alif jadi excited saat memegang jelly yang dingin.

Ketiga, mengenal warna. Kebetulan aku belum beli pewarna makanan. Jadi warna flubby jellynya tidak mencolok. Pink bening. Hehehe. Lain kali tambahkan pewarna. Agar anak mengenal berbagai warna lewat jelly yang sedang ia mainkan.

Keempat, belajar sabar. Jika menaruh mainan di flubby jelly, Insya Allah anak akan berusaha mengambilnya. Menyelamatkan mainan yang terjebak dalam jelly. Ini melatih jiwa sabar pada anak.


http://kataella.blogspot.com, emak-emak blogger, Ella Nurhayati, cara membuat flubby jelly, melatih sensori dengan flubby jelly, flubby jelly, bermain dengan flubby jelly, permainan anak preschool, membuat mainan sederhana


Nah, tips bermain flubby jelly adalah tetap diawasi. Khawatir anak memakan jelly dan terjatuh karena licin. Selain itu, ajaklah bermain jelly sebelum mandi. Kotor-kotorannya jadi sekalian dibersihkan. Bebaskan anak mengekspresikan imajinasinya. Lewat DIY yang sederhana ini Insya Allah anak senang emaknya pun tenang.



#OneDayOnePost
#FebruariMembara


15 komentar:

  1. Wah, mb Ella kreatif..boleh juga deh dicoba ntar..Shakila pasti seneng.. :)

    BalasHapus
  2. Wah, mb Ella kreatif..boleh juga deh dicoba ntar..Shakila pasti seneng.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, coba aja.. Insya Allah bakalan seneng.. tapi siap-siap kotor.hehehe

      Hapus
  3. Mbak Ella. Itu flabby jelly bs dapat dimana ya? Di Toko makanan anak kah? Kebetulan saya punya anak kecil.seumuran alif. Umur 9 bln jalan 10 bln. Ingin mempraktekkan DIY nya jg jadinya..hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sendiri mbak Sabrina. Itu caranya gampang banget, Katak bikin jelly biasa.

      Cukup siapkan satu bungkus jelly powder dan dua liter air. Dimasak seperti membuat jelly biasa. Masukan ke wadah yang sudah ditaruh mainan. Agar mendapatkan hasil yang lebih bagus, masukkan kulkas kurang lebih satu jam. Flubby jelly siap dimainkan.

      Hapus
  4. Waaah, sayangnya saya blum pnya anak, nnti klo dh pnya anak di praktekkan. Hihi

    BalasHapus
  5. Waaah, sayangnya saya blum pnya anak, nnti klo dh pnya anak di praktekkan. Hihi

    BalasHapus
  6. Wah kreatif, membuat anak menjadi asyik dan mengasah cognitif dan motorik anak juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke sini :)

      Hapus
  7. Waah,, dedek main jelly sendirian ya.. Mamas gak diajak..
    Hehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. ntar dedek Alif main jelly lagi kok Mas.. tapi nunggu mamas traktir jellynya.. wkwkwk

      Hapus