Senin, 21 Maret 2016

13 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Bismillah...

Seminggu lebih bang Alif sedang "manja". Demam, batuk pilek sampai radang menghampiri si jagoan kecilku. Anggap saja ini adalah sarana latihan. Semoga ia lebih kuat bertahan, menghadapi rintangan kehidupan.

Orang tua kita zaman dulu sudah dikenal dengan kekuatan herbalnya. Kalau sakit, selain ke dokter tentu meramu sendiri herbal yang diambil dari apotek hidup sekitar rumah sendiri.

Termasuk bang Alif. Kebetulan aku mempilih pulang ke rumah orang tuaku yang tidak begitu jauh dari rumah. Sekitar satu jam perjalanan. Di sini, bang Alif dibuatkan berbagai macam ramuan. Bukan hanya bang Alif, aku pun ikut mencicipi sajian herbal buatan ibuku.


13 manfaat daun suji untuk kesehatan, manfaat daun suji, mengobati batuk dengan daun suji, daun suji kaya manfaat, mengobati dengan daun suji, Ella Nurhayati, http://kataella.blogspot.com
Sumber: google image

Radang tenggorokan. Penyakit yang tidak menyenangkan. Yaiyalah, mana ada penyakit bisa bikin happy. Jadi, ibuku memilih daun suji untuk melunakkan si radang yang tak pernah diundang. Apasih daun suji? Itu loh, daun yang mirip daun pandan. Namun lebih kecil.

Bagi yang sering membuat kue, mungkin mengenal daun suji sebagai pewarna hijau alami. Tapi dibalik itu semua, banyak sekali manfaatnya jika kita rajin mengonsumsi sari daun suji.



13 manfaat daun suji untuk kesehatan, manfaat daun suji, mengobati batuk dengan daun suji, daun suji kaya manfaat, mengobati dengan daun suji, Ella Nurhayati, http://kataella.blogspot.com
Doc pribadi

Oke, ada 13 khasiat versi @kataella menurut survei yang dilakukan. Ciyee.

1. Sebagai obat batuk herbal yang aman. Selain jeruk nipis yang kita kenal untuk batuk, sari daun suji pun bisa meredakan batuk yang bikin sakit tenggorokan. Bang Alif dikasih tiga sendok makan tiga kali sehari. Emaknya sampai satu gelas mentrung sekali minum. Rasanya? Hmmm, agak bau "langu" sedikit.

2. Mengobati leukimia. Tentu dengan konsumsi yang teratur, ya.

3. Menyembuhkan disentri. Biasanya anak-anak yang senang jajan sembarangan, rentan sekali disentri atau BAB darah. Coba saja minum sari daun suji. Insya Allah cepat reda.

4. Meringankan nyeri haid. Waw, ini sih penyakit rutin ketika aku masih gadis, Alhamdulillah sekarang sudah jarang sakit lagi.

5. Menyembuhkan batuk lendir dan darah. Tidak hanya batuk biasa, batuk parah pun bisa disembuhkan oleh daun yang berkhasiat ini.

6. Menetralkan racun-racun dalam tubuh. Selain air putih yang banyak, sari daun suji bisa membersihkan racun, yang masuk ke dalam tubuh kita lewat udara dan makanan yang dikonsumsi.

7. Antioksidan penangkal radikal bebas dalam tubuh.

8. Menurunkan kadar gula darah. Hayooo siapa uang gula darahnya sering naik? Cobain deh konsumsi daun suji dengan teratur. Insya Allah bisa turun.

9. Melancarkan sistem pencernaan. Bang Syaiha aja sekali minum langsung tokcer, lancaaaar jaya pencernaannya. Hehe.

10. Mengobati Gusi berdarah dan sakit gigi.

11. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

12. Meringankan sesak nafas.

13. Menyembuhkan panas dalam dan sariawan.

Nah, seabreg manfaat dari si hijau ini kan? Daunnya pun mudah didapat. Coba saja perhatikan di rumah tetangga. Pasti ada yang menanamnya. Atau jangan-jangan di depan rumah kita pun ada?

Cara penyajiannya ada dua cara:

1. Cuci bersih daun suji beberapa lembar. Misal 8 atau 10 lembar saja. Siram dengan air panas. Blender dengan dua gelas air putih. Peras ampasnya. Sajikan.

2. Cuci bersih. Rebus dengan 5 gelas air. Tunggu sampai kira-kira menjadi 2 gelas. Sajikan.

Mudah kan?
Semoga bermanfaat!

This entry was posted in

4 komentar:

  1. Wiih dahsyat ternyata khasiat daun suji ya mba...selama ini saya cuma tau kalau daun suji buat pewarna makanan.

    BalasHapus
  2. Saya share ke akun twitter ya, mbak @riakkecil

    BalasHapus
  3. terimakasih teh Ella
    sudah berbagi tipsnya daun Suji ☺
    bukan hanya buat kue ternyata ☺
    ..f..

    BalasHapus