Kamis, 05 Juli 2012

Wisata Bahari Ke Pulau Untung Jawa

(Pantai yang besih, Pulau Untung Jawa)



         Pulau Untung Jawa salah satu pulau dari Kabupaten Kepulauan Seribu yang berlokasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tempat wisata ini dekat dengan pusat kota. Bahkan, dari bandara Soekarno-Hatta pun sangat dekat. Kamu bisa melalui pintu M-1 untuk bisa ke pulau Seribu ini.

Penyebrangan ke Pulau Untung Jawa adalah Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, 29 km ke Utara dari kota Tangerang. Untuk sampai ke tempat ini, warga kota Jakarta dapat melalui jalan tol Bandara menuju jalan Marsekal Surya Darma atau kecamatan Neglasari, kota Tangerang, lalu menuju Kampung Melayu, kemudian masuk ke Jalan Raya Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga-kabupaten Tangerang.

Panjang jalan Raya Tanjung Pasir sekitar 6 km, pengunjung dapat menikmati hamparan sawah, mulai dari pertigaan Kampung Melayu. Tidak hanya itu, kita juga dapat menikmati tambak-tambak di sisi kiri dan kanan jalan, serta rumah makan seafood yang terbuat dari bambu. Sebelum memasuki pintu gerbang Tanjung Pasir, dapat juga menikmati Taman Penangkaran Buaya. 

Aku berangkat dari Kota Bogor, naik bis Pusaka jurusan Bogor-Tangerang turun di Kebun Nanas, setelah itu naik angkot 03 (nggak tau jurusan apa.hehe, yang pasti arah ke mobil Isuzu :D) Setelah naik mobil Isuzu jurusan Kampung Melayu aku naik angkot jurusan Tanjung Pasir.

(Tanjung Pasir)

Setelah berkeliling di Tanjung Pasir, lanjut ke Pulau Untung Jawa yang menjadi tujuan utamaku. Trip Tanjung Pasir-Pulau Untung Jawa dapat ditempuh hanya lima belas sampai dua puluh menit perjalanan. Tarifnya murah, hanya dengan Rp 20.000,- sudah bisa pulang pergi ke Pulau untung Jawa. Kemudahan inilah yang membuat Pulau Untung Jawa menjadi  pilihan yang tepat di hari libur bagi turis-turis lokal yang berkantong cekak tetapi menginginkan liburan yang berkualitas. Sebuah pilihan wisata yang menarik sekaligus murah meriah.

(Dermaga Pulau Untung Jawa)


(Jalan penghubung dari Dermaga)


 (Tempat bersantai di pulau Untung Jawa)


 (Bananna Boat, Hanya 25.000/orang)


 (Snorkeling)

Bagi yang ingin melihat indahnya bawah laut pulau untung jawa, tapi nggak bisa berenang, jangan khawatir, sebab ada tempat penyewaan alat snorkeling untuk pemula, Harga yang di tawarkan berkisar  Rp20.000 – Rp 75.000 per satu set alat snorkeling. Sudah termasuk dua orang instruktur jika lebih dari  10 orang. Jika dibawah 10 orang,  maka dapat satu instruktur. Fasilitas alat snorkeling yang di tawarkan diantaranya fin (sepatu katak), snorkel (alat bantu pernafasan), mask(kacamata selam), dan baju  pelampung.


(Ikan bakar, menu favorit di Untung Jawa)

(Homestay 1kamar lengkap Rp 300.000,-)

         Oke, inilah ulasan perjalananku ke Pulau Untung Jawa. Murah meriah lho. Selain itu, di Pulau yang indah ini terdapat taman-taman bersantai, fun bike atau sepeda untuk berkeliling, tarifnya hanya Rp 5.000,-/jam. Ada juga lapangan olahraga bagi kamu yang mau olahraga (Badminton). Oyaaa. bagi kamu yang tidak mau menginap di homestay, ada juga lhoo Bumi Perkemahan Pulau Untung Jawa. Cukup bawa perlengkapan kemah sudah bisa berkemah dengan santai.


(Jum'at, 29 Juni 2012)


       

3 komentar:

  1. Ini perjalanan dan tulisan jadul :-D

    BalasHapus
  2. Namanya lucu ya, pulau Untung jawa, hehehe. Btw, tempatnya cakeeep

    BalasHapus