Sabtu, 15 Februari 2014

MENULIS; PANGGILAN KA(R)YA - BERSAMA IZZATUL JANNAH DAN SALEHA JULIANDI

Bogor – Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Bogor mengadakan workshop menulis, Bogor, Ahad (09/02).  Workshop dihadiri oleh dua pembicara, yaitu Saleha Juliandi, pendiri penerbitan Pena Nusantara Publishing dan Izzatul Jannah, GM dari Balai Pustaka. Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta. Tidak hanya peserta dari Bogor, namun kota lain pun ikut memenuhi ruangan IKK IPB Darmaga Bogor ini. Tentu, yang membuat kegiatan ini menarik adalah penyajian materi oleh kedua pembicara. Dengan mengusung tema: MENULIS; PANGGILAN KA(R)YA.

Peserta putri bersama Saleha Juliandi
Peserta putra bersama Saleha Juliandi


“Tulis saja terlebih dahulu. Jangan kebanyakan mikir ini itu. Buang kebiasaan mengedit sebelum tulisan kelar,” kata Saleha Juliandi yang pernah menetap dan bergabung di FLP Jepang.
“Menulis yang baik adalah menulis yang bisa memaksimalkan panca indera. Biarkan mata menerjemahkan apa yang dilihatnya. Biarkan telinga menerjemahkan apa yang didengarnya. Maka, pembaca akan merasakan apa yang sedang penulis rasakan lewat tulisannya,” ulas Izzatul Jannah ketika menjawab salah satu pertanyaan dari peserta.

Di sesi berikutnya, Izzatul Jannah  memberi komando kepada peserta untuk menulis sebuah narasi tentang sebuah kegelisahan dan ketakutan. Para peserta antusias menggunakan waktu yang sempit itu untuk langsung mengaplikasikan teori menulis. Karena menulis butuh sebuah action untuk mewujudkannya.
Peserta sangat antusias menulis
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari inaugurasi anggota FLP cabang Bogor angkatan ke-6. Setelah anggota mengikuti enam bulan pelatihan, maka akan dikukuhkan sebagai anggota FLP Bogor.
Ketua FLP Bogor menyerahkan secara simbolis kepada peserta inaugurasi FLP angkatan ke-6
Ketua FLP Bogor bersama dua pembicara (Saleha Juliandi dan Izzatul Jannah)

“Kunci menulis hanya dua, membaca dan menulis. Membaca, membaca dan membaca. Menulis, menulis dan menulis.” Ujar Izzatul Jannah saat memberikan simpulan di penghujung acara.

“Yakinlah dan berdoa!” Kata Saleha Juliandi menambahkan.

#Ella

0 komentar:

Posting Komentar