Rabu, 17 Juni 2015

Busui puasa? Kenapa enggak!

Bismillah...

Selamat malam sahabat Elsya.

Selalu itu yang diucapkan. Kenapa enggak selamat pagi atau siang gitu? Ya karena aku baru bisa menulis malam hari. Ini adalah malam pertama di bulan Ramadhan dan hari kesembilan dalam program #30hariNonstopNgeblog.

Aku akan melanjutkan tulisan yang kemarin, tips berpuasa bagi ibu menyusui. Khususnya yang masih ASI eksklusif.
Memang berat kalau dibayangkan, karena masa-masa menyusui adalah masa-masa banyak makan. (hehehe). Bukan banyaknya saja sih, tapi nutrisinya yang paling penting diperhatikan. Justru dengan datangnya bulan Ramadhan, melatih kita untuk disiplin. Makan sehat dan tepat. Semoga setelah sebulan penuh berpuasa sebelas bulan selanjutnya akan terus disiplin.

Oke, agar busui lancar menyusui sambil berpuasa, ada beberapa tipsnya nih. Mungkin sudah banyak juga artikel yang membahas ini, namun ini tips ala emaknya Alif. (Hehehe)

1.       NIAT. Segala sesuatu harus didasari dengan niat Lillahita’ala. Insya Allah niat dan tekad yang kuat kita bisa berpuasa sambil menyusui.

2.       PEDE. Wajib pede alias percaya diri, bahwa dengan berpuasa ASI tetap lancaaaarrrr. Karena jika kurang pede membuat hormon produksi Asi menurun. Emak-emak yang menyusui harus selalu dalam keadaan tenang dan percaya diri. Dijamin ASI banjir terus. Jika rasa pede itu tidak ada, alias khawatir produksi ASI menurun lebih baik tidak ya, karena itu menyebabkan semakin menurunnya produksi ASI. Apalagi jika kondisi ibu dan bayi tidak sehat. Islam membolehkan untuk tidak berpuasa, karena dikhawatirkan kesehatannya yang memburuk. Apalagi bayi yang di bawah 6 bulan, belum ada makanan tambahan. Memang lebih dianjurkan untuk tidak berpuasa. Tapi selama kondisi ibu dan bayi sehat, produksi ASI pun lancar tidak ada salahnya untuk busui berusaha berpuasa.

3.       Tetap makan 3x sehari. Ya, busui tetap pertahankan jadwal makan 3x sehari. Tentu dengan asupan gizi yang seimbang (50% karbohidrat,30% protein dan 20% lemak). Waktu makannya ketika sahur, berbuka puasa dan menjelang tidur. Insya Allah dengan begitu busui tetap lancar menjalani puasa.

4.       Konsumsi cairan yang banyak. Minimal minum air putih dua liter. Jangan lupa juga tambah cairan dari buah-buahan. Dengan begitu busui tidak akan kekurangan cairan saat menyusui di siang hari.

5.       ASIP. Biasanya produksi ASI di malam hari lebih banyak, sehingga payudara busui bengkak dan banjir ASI. Tidak ada salahnya pumping ASI. Simpan ASIP (ASI Perah) dalam botol kaca khusus ASI di freezer. Siapa tahu saat siang hari dibutuhkan. Penting diingat adalah semakin dikeluarkan maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi jangan khawatir dengan memerah ASI produksinya akan menurun. Apalalagi membatasi memberi ASI kepada bayi, waaaahhhhh nyiksa bayi itumah.

6.       Istirahat yang cukup. Busui jangan terlalu lelah ya, jika sudah merasa perlu istirahat maka istirahatlah. Kalau siang, biasanya Alif mimik sambil tidur. Emaknya juga bisa sambil tidur tuh. Hehehe. Yang penting sih Alif nggak lepas mimik ya pasti anteng tidurnya.

      Well, beberapa tips berpuasa bagi ibu menyusui kayaknya cukup deh. Semoga kita diberikan kekuatan jasmani dan rohani untuk menjalani ibadah puasa di bulan yang penuh berkah ini. Amin.

Selamat berpuasa, sahabat Elsya!

#Ramadhanproduktif
#Ramadhanberkah


0 komentar:

Posting Komentar