Selasa, 30 Juni 2015

Udah bisa tengkurap belum?

Bismillah...

(Tulisan tanggal 27 Jun'15)

Alhamdulillah sepuluh hari pertama Ramadhan sudah terlewati. Aku berhasil melewatinya. Awal-awal Alif sempet rewel, kata neneknya Alif sih mimiknya nggak enak kalau puasa. Tapi alhamdulillah Alif sudah terbiasa. Menemani umminya puasa.

Dalam program #30hariNonstopNgeblog, baru nongol lagi nih. Belum berhasil ikut tantangan ini. Hehehe. Tapi akan tetap diusahakan tetap nulis kok. Bolong-bolong boleh ya.
Sahabat Elsya, malam ini aku akan sedikit bercerita tentang Alif. Lagi-lagi Alif. Iya, karena setiap hari aku selalu membersamainya. Alif bisa tengkurap sendiri diusia 3 bulan 12 hari. Ngomong-ngomong tentang tengkurap. Beberapa kali aku mendengar bahasan emak-emak muda tentang perkembangan anaknya masing-masing. Ada yang mengeluhkan anaknya sudah 4 bulan lebih belum tengkurap juga. Malah ada juga 3 bulan sudah bisa. Masa balita memang adalah masa yang paling menyenangkan dan menebarkan. Ada waktu-waktu tersendiri bagi perkembangan balita. Telat sebentar saja para emak sudah ketar ketir khawatir anaknya kenapa-kenapa.


Mom, ingat.. balita punya waktu tersendiri untuk bisa tengkurap, merangkak atau berjalan. Tapi memang ada cara untuk menstimulus atau memancing agar tumbuh kembangnya cepat. Contohnya tengkurap. Melalui grup WhatsApp kece, sebut saja ‘Solehah Motherhood’ yang di-admin-in oleh mbak Mega. Di sana aku dapat sharing gimana menstimulus agar balita cepat tengkurap. Saat itu Alif baru saja menggenapkan usianya 3 bulan. Caranya nih:

1.       Bantu ia memiringkan tubuhnya, jika ada respon yang baik perhatikan lebih suka miring ke kanan atau kiri. Kalau Alif miring-miring sudah dari usia 2,5 bulan.
2.       Jika sudah tau bayi anda lebih suka miring kanan, coba pancing tengkurap deh. Silangkan kaki kirinya ke arah kanan, jika ia merespon maka ia akan berusaha tengkurap. Jika belum, ya memang belum mau. Hehehe.
3.       Nah, jika bayi merespon baik, bantu tengkurap dengan perlahan. Insya Allah kalau bayi sudah merasa nyaman, maka ia akan ketagihan tengkurap.
4.       Bersabar dan stay cool. Jangan panik ya mom jika bayi anda masih belum bisa tengkurap. Tenang saja. Insya Allah punya waktunya kok. Menurut beberapa ahli normalnya bayi tengkurap antara 3 bulan sampai 6 bulan. Bahkan ada juga yang sampai 8 bulan. Pengalaman dari Alif, 3 bulan belum kasih tanda-tanda untuk tengkurap. Maka aku stimulus ia beberapa hari saja, emaknya cepet bosen, hehehe. Ehh... pas emaknya bosen, Alif tengkurap sendiri. Tanpa stimulus-stimulus dulu. Ya memang ia punya waktunya sendiri untuk tengkurap.



0 komentar:

Posting Komentar