Sabtu, 08 Agustus 2015

Alhamdulillah, Abang Alif Udah Besar!

Bismillah...




Tadi sore Alif ke posyandu. Kebetulan ada pembagian vitamin A untuk balita diatas 6 bulan. Alif baru 4 bulan setengah. Jadi hanya nimbang dan ukur badan saja. Tepatnya sih 5 bulan kurang seminggu alias 4 bulan 3 minggu. Alif lahir memang sudah besar, namun masih normal. Berat badan bayi yang siap dilahirkan antara 2,5 kg sampai 4 kg. Alif lahir diangka 3,8 kg. Untuk ukuran anak pertama memang dibilang besar.

Nah, ini pertumbuhan tinggi dan berat badan Alif tiap bulannya (m,w):

0m 3,8 kg             –  51 cm
1m 5,0 kg             –  55 cm
2m 5,8 kg              – 58 cm
3m 6,8 kg             –  62 cm
4m 7,1 kg             –  64 cm
4m 3w 7,4 kg      – 67 cm

4m


Biasanya balita semakin besar semakin aktif, maka wajar jika penambahan berat badannya tidak sebanyak dibanding baru lahir. Karena jika sudah bisa tengkurap saja, bayi sudah bertambah aktif. Sekarang Alif aktif banget, kalau tengkurap pasti ‘muter-muter’ bak helikopter. Kalau aku coba bantu duduk, maunya berdiri. Kaki dan tangannya bergerak terus. Kini kalori yang dibutuhkan memang lebih banyak, karena untuk penambahan berat badan dan energi motoriknya.

“Besar banget bu, berapa bulan?”
“Empat bulan”
“Wah, baru empat bulan kok besar”


Kalimat itulah yang sering aku dengar dari orang lain yang pertama melihat Alif. Jika dibandingkan dengan balita seusianya memang lebih besar. Tapi beda denganku, umminya. Aku rasa Alif biasa aja. Bahkan saat ia sedang tidak memakai baju. Terlihat kecilnya. Hanya memang lebih tinggi. Suka aneh juga sih “Kok orang-orang bilang Alif besar. Padahal biasa aja, apalagi bulan kemarin hanya nambah 300 gram saja.” Kayaknya sih karena umminya puasa. Jadi kadar gula dalam ASInya berkurang, (nebak aja sih). Dan Alhamdulillah Alif tidak rewel dbawa puasa. Alif kuat menemani umminya menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.


0 komentar:

Posting Komentar