Selasa, 18 Agustus 2015

Chef Alif Masak Gulai Kepala Ikan Kakap

Bismillah...

Sahabat Elsya, kemarin siang saat orang-orang merayakan kemerdekaan dengan perlombaan, maka kami merayakannya dengan memasak bersama. Ya, aku dan chef Alif masak bersama di dapur kami tercinta. Masak gulai kepala ikan kakap. Lihat saja, Alif exited sekali saat diboyong ke dapur. Ini bukan pertama kali ia ikut memasak, aku sering melibatkan Alif dalam berbagai aktifitas di rumah. Yang membuat beda adalah, biasanya ia bersama Baby Swing Bed-nya namun kali ini ia bebas bergerak dengan perlak dan mainannya. Asik sekali.

kerjaan emaknya tuh, ngedit rambutnya di photoscape. hahaha
Kali ini aku akan berbagi resep membuat gulai kepala ikan kakap. Mungkin sudah tidak aneh, namun ini kan ala ala chef Alif, hehehe, jadi istimewaaaa (Cherybelle mode on)

Bahan:
500 gram kepala ikan kakap merah
3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan:
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah kemiri
4 cm kunyit
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
3 lembar daun salam
3 batang serai, memarkan
200 ml santan kental


Kalau ada ketumbar halus dan daun jeruk boleh ditambahkan, kebetulan di dapur lagi nggak ada nih, jadi nggak pake. Biar lebih mantap tabyri bawang goreng yaaa...

Caranya:
Bersihkan kepala ikan kakap. Tumis bumbu halus bersama bumbu lainnya sampai harum dan matang. Beri sedikit air. Masukkan kepala ikan kakap, aduk sampai kepala ikan berubah warna. Tuang setengah bagian santan, kecilkan apinya dan tutup wajannya.
Masak selama 20 menit. Masukkan sisa santan, masak sampai ikan matang. Aduk sampai mendidih, angkat.


Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar