Rabu, 18 November 2015

#bangAlif kemarin demam. Gimana tuh?

Bismillah...

Huft... Sahabat Elsya, sekarang hari Rabu. Dari malam Senin kemarin #bangAlif demam naik turun. Tapi Alhamdulillah hari ini sudah normal kembali. Keceriaan di rumah ini sempat tidak ada. Ahh, #bangAlif jangan sakit lagi ya, Nak. Ummi sayang #bangAlif.

Ceritanya gini #bangAlif demam...

Jadi, malam Senin sekitar jam dua belas kurang sepuluh menit seperti biasa #bangAlif bangun meminta mimiknya. Aku kaget pas nyentuh kepalanya. Gokil! Panas banget! 38,6 derajat celsius.

Otomatis naluri ibunya keluar dong yaaa. Aku langsung ngibrit ke dapur. Menyiapkan kompresan air hangat sambil mencari beberapa siung bawang merah. Parutan kecil dan piring kecil. Bawang tersebut diparut dan dicampur minyak telon. Ya, pertolongan pertama saat anak demam adalah mengompresnya dengan air hangat dan baluri parutan bawang merah. Insya Allah bisa turun beberapa derajat celsius.

Namun itu hanya pertolongan pertama saja, jika panas semakin naik harus ambil tindakan. Sebelumnya kontrol perkembangannya dulu yaaa. Sedia termometer. Jangan cepat-cepat ambil keputusan bawa ke dokter. Usahakan dulu di rumah. Kecuali jika punya riwayat kejang. Hati-hati ya kalau suhu sudah lebih dari 39.

Nah, Senin pagi nyatanya suhu #bangAlif semakin naik.  Mencapai 39,6. Otomatis aku dan suami kalang kambut. Mencari obat di pagi buta gitu mana ada yang buka. Akhirnya kukompres saja, dan #bangAlif pun semakin kuat mimiknya. Alhasil minimal suhunya nggak naik lagi.

Setelah apotek buka, aku langsung memberi #bangAlif sanmol 2,5ml. Ini obat paracetamol yang aman untuk bayi. Alhamdulillah tidak sampai sejam obat itu langsung bekerja.

Tapi tidak sampai disitu saja. #bangAlif demam naik turun sampai malam Rabu. Ya, tadi dini hari sudah mulai normal. Semoga tidak naik lagi.

Awalnya aku udah kepedean aja #bangAlif mau tumbuh gigi, eeeh sampe sekarang giginya belum ada. Mungkin beberapa hari ke depan kali ya.hehehe.

Pelajaran yang bisa diambil adalah...


Jangan cepat panik. Karena jika panik bisa mempengaruhi psikis bayi yang sedang demam. Kontrol terus suhunya, so sedia termometer di rumah yaaaa. Selain itu bayi yang sedang demam sangat membutuhkan cairan yang banyak. So, gempur ASI semampunya. Air putih dan buah-buahan. Yang terakhir, jika demam jangan selimuti bayi ya, Mom. Biar panasnya cepat keluar. Kemarin #bangAlif sengaja hanya pakai clodi saja. Baju pun tidak. Selain itu agar bisa langsung skin to skin sama aku saat mimik. Insya Allah panas akan turun.


Hmmm.. #bangAlif baru dua hari demam aja keliatan banget kurusnya. Matanya 'celong'. Ahh, #bangAlif hebat bisa melewati ini semua.

Ummi sama Abi sayang #bangAlif

3 komentar:

  1. Bang Alif Hebaaaatttt :D

    FYI Bunda, untuk pemberian Sanmol, perhatikan juga dosisnya. Kalo untuk bayi lebih baik kasih sanmol drop. Dosisnya 10-15ml/kg berat badan :D

    Bagi email nya teh. I will share about " Jadi Dokter di Rumah Sendiri"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ellahayati91@gmail.com

      hihiy.. itu saran dari bidan say...

      Hapus
  2. Salah deng 10mg/kg berat bukan ml. Jadi kalo berat anak 8kg artinya dosis yang tepat 80-120mg = 0,8-1,2ml. Karena anak temenku yg umurnya 1 tahun aja, dosisnya cuma 1ml.
    Just sharing...

    BalasHapus