Selasa, 23 Februari 2016

Balada Mupeng Makanan di Grup: Mie Non MSG

Enyway.. nggak tahu kenapa, semenjak jadi emak-emak, bawaannya "pengenan" terus. Ngiler nggak ketulungan. Bisa dipastikan di beberapa grup whatsApp yang ada emak-emaknya, sering banget bahas makanan.

Ada dua grup yang kumaksud itu, Shalihah Motherhood dan Asinan Blogger.

Kalau shalihah motherhood kumpulan emak-emak kece yang sama-sama berjuang, belajar jadi emak yang baik. Kerjaannya update resep makanan, bahas segala tetek bengek ngurus anak, sampai urusan ekonomi Islam pun di grup ini ada. Keren banget emang nih grup. Siapa dulu donk foundernya, *lirik Mbak Mega Dewana Putri

Sedangkan Asinan Blogger, kumpulan emak-emak Bogor yang doyan ngeblog. Grup ini tiap hari kerjaannya nyebarin virus semangat ngeblog dan winner-winneran. Abis, membernya sering banget menang kontes blog sih. Setiap ada lomba pasti rame-rame ikutan, eehh menangnya juga rombongan. Aiihh Asinan Blogger. Kalian luar biasa... *Ariel Mode ON

Eits.. terlalu jauh, kita kembali lagi ke makanan. Ya, dua grup keren ini sering banget bahas makanan. Bikin mupeng. Beberapa waktu lalau, Mbak Afif Shalihah Motherhood share poto Soto Kuning. Kuahnya bikin ngiler. 

Tadi malam mbak Evrina Asinan Blogger share poto Sotoji, alias Soto Jamur Instan. Pasalnya soto mie ini lebih sehat lho, mie tanpa MSG. Dan akhir-akhir ini tidak sedikit bermunculan inovasi baru, mie dengan menghindari MSG itu.

Beberapa waktu lalu sering banget dibahas, makan mie instan menjadi hal yang paling menakutkan. Makanan enak yang katanya beracun ini sangat dihindari oleh sebagian kalangan. Pasalnya tidak sehat. Tapi setelah diselidiki, yang bilang tidak sehat ini malah sering jajan di luar juga. Jajan mie ayam atau makanan siap saji lainnya.

Gini, mie instan tuh kenapa dibilang nggak sehat? Aku penasaran. Di sana ada dua komponen, bagian mie dan bagian bumbu. Mie terbuat dari tepuk tapioka. Nah, bagian kedua adalah bumbu, kalau dilihat dari komposisinya, tidak hanya bumbu dapur saja, ada Sodium, Mono Sodium Glutamat, dan Benzoid Acid atau pewanget makanan. Ketiga bahan ini kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan.

Jadi, sudah jelas-jelas yang nggak sehat adalah bumbunya. Kalau begitu kita ganti saja bumbu mie instan dengan racikan sendiri. Bumbu buatan dapur sendiri. Kalau mie nya? Bisa juga bikin sendiri kalau nggak repot.hehe. Opsi lain bisa diganti dengan mie telur, bihun, atau mie organik yang kita suka. Itu tergantung selera. Asalkan, cara memasaknya harus diperhatikan juga. Air rebusan pertama untuk memasak mie disarankan dibuang saja. Ganti dengan air panas yang baru.

Kembali lagi ke balada makanan. Beneran, itu poto-poto bikin aku pengen. Alhasil, aku bikin mie di rumah sendiri, kebetulan masih ada mie instan yang belum dimasak.


Balada Mupeng Makanan di Grup: Mie Non MSG, mie instan sehat, mie non MSG, cara memasak mie yang sehat, cara makan mie instan yang sehat, makanan sehat, resep makanan dari mie, resep mie sehat, http://kataella.blogspot.com
Campurannya sesuai selera. Ini pakai seblak, kebetulan ada sisa kerupuk sedikit lagi. Ta masukin ajalah.


Tapi tunggu dulu, ini bukan sekedar mie instan biasa. Sesuai tipsku di atas, buatanku ini adalah mie instan non MSG. Mie dengan racikan bumbu ala rumahan. Bukan pakai bumbu jadi yang gurihnya minta ampun itu. Buatanku juga gurih sih, tapi gurihnya dari bahan alami.

Yeah, sesuai permintaan teh Lala di grup shalihah motherhood, dilarang posting poto makanan tanpa resep. Semalam potonya duluan, resepnya simak nih... gampang banget kok. Nggak pakai ribet! Kan namanya juga eksekusi dari makanan instan. Jadi harus instan juga.

Bahan:
1 bungkus mie instan (buang bumbunya)
1 butir telur
Sayuran secukupnya
Air secukupnya untuk merebus
2 Sdm minyak goreng

Bumbu:
Bumbu dasar merah
Bumbu dasar putih
1/2 Sdt garam

Caranya:
- Rebus mie instan sampai matang, tiriskan. Buang airnya.
- Panaskan wajan, goreng terlur, orak arik, lalu tiriskan, satukan dengan mie.
- Tumis bumbu dengan sisa minyak goreng telur tadi. 
- Masukan mie dan orak arik telur.
- Masukan sayuran sesuai selera.
- Beri sedikit air untuk kuahnya.
- Masukan garam.
- Selesai

Gampang sih, seperti numis-numis biasa. Oiya untuk bumbu dasar merah dan putih, kebetulan aku memang sudah nyetok di rumah. Kalau kamu belum ada bumbu dasar merah dan putih bisa diganti dengan bumbu seadanya:

Bawang merah
Bawang putih
Lada
Cabai
Kemiri
Jahe (sedikit saja)

Semuanya di tumbuk halus atau di blender. Simpel sih.

Oke... Mie instan non MSG sudah bisa dihidangkan. Insya Alah mie ini lebih sehat. Tapi tetap saja, dikonsumsi sewajarnya. Tidak boleh berlebihan. Selamat memasak mie sendiri. Selamat menikmati!

2 komentar:

  1. Jadi laper..
    Padahal masih di sekolah..
    Kebetulan habis ngajar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar.. sebentar lagi jam makan siang. Ummi masakin ketoprak buat Abi

      Hapus