Sabtu, 13 Februari 2016

Inilah Asal Usul Nama Ratu Hellawati

Bismillah...

Hampir sebulan yang lalu, Mbak Melly membuka info giveaway. Wanita cantik berkacamata itu memberikan linknya ke grup whatsApp #AsinanBlogger. Tanpa pikir panjang aku langsung membuka linknya dan memberikan komentar. Antusias untuk menulis sebuah sejarah yang unik. Ya, temanya adalah #SejarahKita.

Sekilas begitu banyak sejarah yang bertebaran di sekitarku. Namun tetiba malah blank. Bagai seorang siswa yang diminta mengerjakan PR matematika di papan tulis, tapi ia lupa membawa buku PR-nya, alhasil siswa itu kalang kabut. Yah, seperti itulah aku.

Baiklah, aku akan menceritakan sejarah nama sesorang. Ratu Hellawati. Sebenarnya bukan info menarik yang perlu diketahui. Tapi tidaklah sejarah itu akan lebih apik jika dituliskan? Kau pun tidak usah ragu untuk menulisnya juga.


Inilah Asal Usul Nama Ratu Hellawati, #SejarahKita, Sejarah gelar ratu dan tubagus, asal usul gelar ratu dan tubagus, sejarah ratu dan tubagus, ratu dan tubagus, http://kataella.blogspot.com


Ratu Hellawati lahir di Ciomas, sebuah daerah di Serang Banten. Konon provinsi ini memiliki sejarah yang unik. Entah itu kerajaannya maupun kesultanannya. Maka tidak aneh nama depannya, Ratu. Ya, itu adalah salah satu gelar yang diberikan untuk keturunan bangsawan Banten.

Sejak kapan sih gelar Ratu muncul? Ratu untuk perempuan, dan Tubagus untuk laki-laki. Gelar itu muncul dari kesultanan Demak. Mereka memberi gelar Tubagus dan Ratu kepada para pangeran dan putri dari Banten, yang dianggap memiliki darah Rasulullah dari Fatimah ra, yaitu di jaman Sultan Maulana Yusuf. Ketika itu Banten dan Demak memiliki hubungan yang sangat erat. Keduanya disatukan oleh tali pernikahan.

Seharusnya yang mempunyai gelar ini menyimpan silsilah keluarga yang lengkap. Di dalamnya tercatat asal-usul keluarga mereka, dan asal-usul bangsawan yang menjadi nenek moyangnya. Apalagi garis keturunan itu berhulu pada Maulana Hasanuddin, Sultan pertama Kerajaan Islam Banten.

Tapi sekarang banyak orang yang mengklaim dirinya dan keturunannya pantas bergelar Ratu dan Tubagus. Padahal sudah jelas-jelas gelar itu tidak sembarangan disematkan. Termasuk nama Ratu Hellawati ini. Kini ia sudah berganti nama menjadi Ella Nurhayati.

Ya, itulah namaku. Yang mengganti adalah ibuku sendiri. Pasalnya beliau tidak suka dengan gelar itu. Karena toh bapakku juga tidak pernah menceritakan asal usul garis keturunannya. Apalagi ibu dan bapak sudah bercerai sejak aku berumur satu tahun. Ibu tidak suka dengan nama pemberian bapakku. Tapi menarik sekali untuk diceritakan kepada anak cucu. Karena ini dia sejarah-sejarahmenarik di Indonesia


Inilah Asal Usul Nama Ratu Hellawati, #SejarahKita, Sejarah gelar ratu dan tubagus, asal usul gelar ratu dan tubagus, sejarah ratu dan tubagus, ratu dan tubagus, http://kataella.blogspot.com


2 komentar:

  1. Jadi, panjang bgt asal usul gelar Ratu dan Tubagus, ga boleh sembarangan dipake ya mbak.
    Aku baru tau klo Ratu dan Tubagus itu identik dengan keturunan yg beragama Islam.

    Oh ya makasih ya sudah ikutan giveaway diblogku ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. asal usulnya sih gitu. Tapi sekarang banyak yang ngaku-ngaku sendiri klo dia Tubagus n Ratu.

      Aku aja nggak yakin kalau keluarga bapak keturunan tubagus asli. Hehehe.. makanya ibuku ganti nama..

      Makasih juga, Mbak Mell..sukses yaaa

      Hapus