Selasa, 01 Desember 2015

Be ce a

Bismillah...

Sahabat Elsya, benar kubilang beberapa bulan lalu. Jika menunda sehari saja untuk menulis, maka akan ada penundaan yang berkepanjangan. Alhasil, udah seminggu baru posting lagi nih.

Hari ini cukup melelahkan. #bangAlif saja sudah pulas dari sebelum magrib. Berangkat jam sepuluh pagi pulang jam tiga sore. Niatnya sih instal ulang laptopku yang sempet heng. Gimana nggak heng, lha wong jarang pakai cooling pad. Hihiy nggak rajin nih usernya. Nah.. karena instal ulang nggak bisa ditunggu, aku langsung order ojek online ke kantor be ce a. Rencananya mau buka tabungan baru. Lah buat apa? kan udah ada be es em! tujuannya buat income dari bisnis online aku dan suami. Lagipula tidak sedikit calon pembeli yang menanyakan rekening ini. Dengan pedenya aku langsung masuk ke kantor be ce a di bilangan Merdeka Bogor.

"Ada yang bisa dibantu, Bu?" tanya seorang satpam dengan tubuh yang kekar.
"Saya mau buka tabungan."
"Persyaratannya sudah lengkap?"
"KTP saja kan, Pak?" kataku dengan ringannya.
"NPWP sudah ada?" tanyanya lagi.
"Saya belum punya, Pak!"

Memang, aku pun tahu bahwa persyaratan membuka tabungan baru adalah NPWP. Nah menurut beberapa artikel yang kubaca, jika tidak ada NPWP bisa mengisi surat peryataan belum punya dan jika sudah punya wajib menyerahkan kepada pihak bank. Tapi nyatanya aku malah ditagih NPWP.

Aku diarahkan ke salah satu meja CS yang kosong. Ada seorang perempuan paruh baya dengan dandanan ala-ala pegawai bank. Di sana aku dimintai KTP asli. Ia melihat beberpa detik lalu mengetikkan beberapa angka di keyboard yang sejak tadi ada di hadapannya.

"KTP ibu masih data alamat lama. Belum diperbaruhi oleh capil. Jadi syaratnya jika belum ada NPWP, ibu harus melampirkan KK asli, KTP dan surat domisili dari kelurahan setempat," jelasnya sambil masih memegang KTP asliku.

Jujur, aku mendadak bete. Ternyata informasi yang kuburu sebelum datang ke be ce a kurang lengkap. Jauh-jauh datang tapi nggak jadi buka tabungan. Akhirnya, dari pada pulang tidak bawa apa-apa, aku langsung caw ke supermarket di Jalan Raya Dramaga. Belanja beberapa keperluan rumah dan MPASI Alif. Sekalian refreshing berdua sama jagoanku.

Sahabat Elsya, hikmahnya adalah...

Pertama, kalau mau kemana-mana cari informasi selengkap-lengkapnya. Jangan hanya ke satu sumber saja. Tujuannya biar nggak nihil. Jangan cuma ngandelin si Om Gugel aja! Coba tanyakan ke beberapa teman yang kautaksir punya pengalaman yang serupa. Malangnya aku cuma ngandelin artikel doang. Huhuhu. Hiks. Jadilah kayak gini.

Kedua, catatan penting bagi kamu yang mau buka tabungan be ce a, persyaratannya wajib lengkap. KTP asli+foto copy-nya dan NPWP. Jika NPWP belum ada, gantinya adalah KK asli.

Selasa, 1 Desember 2015
22.56 WIB
----------—-------------------

Maaf baru posting.. Selasa malam kemarin mau posting udah keburu ngantuk.

1 komentar: