Senin, 11 Januari 2016

Bukan lagi memikirkan nilai keindahan, namun keselamatan sangat diutamakan

Bismillah...

“Anak kita sedang bereksplorasi, Mi. Biarkan saja, asalkan dijagain khawatir ada yang bahaya.”

Ya, setidaknya itu yang sering suamiku sampaikan. Sebenarnya aku sadar betul anakku, Alif, sedang aktif-aktifnya mencoba hal baru. Namun tidak bisa dipungkiri aku sebagai emak-emak terkadang merasa lelah dengan kerjaan yang tidak ada beresnya. Rumah nggak pernah rapi cuy. Hehehe. 

Bukan lagi memikirkan nilai keindahan namun keselamatan sangat diutamakan, Pertumbuhan anak, bang Alif, emak-emak blogger, http://kataella.blogspot.com, buku, gemar membaca buku, one day one post


Tapi aku nggak boleh mengedepankan ego. Pertumbuhan anak menjadi nomor satu. Nggak penting rumah bak kapal pecah. Nggak penting semua barang-barang tidak pada tempatnya. Yang terpenting adalah masa-masa pertumbuhannya. Ia sedang mengenal lingkungannya. Mencoba banyak hal apa yang bisa ia jangkau di dekatnya.

Malam ini, ketika aku masih ‘ngelonin’ Alif di kamar. Suamiku berinisiatif mengubah dekorasi ruangan rumah kami. Semenjak Alif jadi sering bongkar-bongkar area kerja yaitu meja dan rak buku, kami memutar otak agar benda-benda penting di meja tidak sering dikuasai. Ya, tidak jarang ia menduduki laptop atau membuka-tutup printer yang mejeng di meja. Akhir-akhir ini itulah hobinya. Manjat meja.

Awalnya rak buku dan meja akan dipindahkan ke kamar belakang. Namun setelah dipertimbangkan tidak etis menjauhkan rak buku dari jangkauan anak. Hampir setiap hari Alif selalu bongkar beberapa buku untuk sekedar dibuka-tutup saja. Anak lanangku ini memang senang sekali bermain dengan buku-buku.

“Rak buku biar di sini aja. Kalau di kamar, nanti Alif tidak familiar dengan buku. Nggak apa-apa bongkar-bongkar rak buku, asalkan tetap dalam pengawasan. Semoga anak kita kelak bersahabat dengan buku.”

Bukan lagi memikirkan nilai keindahan namun keselamatan sangat diutamakan, Pertumbuhan anak, bang Alif, emak-emak blogger, http://kataella.blogspot.com, buku, gemar membaca buku, one day one post


Nah, hasilnya setelah diganti wajah baru ruangannya menjadi lebih luas. Meja sengaja kami kosongkan. Itu untuk area Alif manjat-manjat saja. Rak buku tetap ada. Yang penting tidak ada yang membahayakan anak, desain ruangan seperti ini pun menjadi pilihan. Karena jika ada anak di rumah, bukan lagi memikirkan nilai keindahan, namun keselamatan sangat diutamakan.

Sekian

#OneDayOnePost

#HariPertama

10 komentar:

  1. rumah yang punya batita memang harus diperhatikan keamanannya. Anak saya pernah tangannya melepuh gara2 memegang uap yang keluar dari magic com, salah saya karena menaruh magic com di meja yang mudah diraih anak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh mbak kasian banget ya.. hiks. Iya semoga kejadian ini tidak terulang lagi ya. Saya aja masih bingung nih jika anak saya sudah bisa berjalan atau sudah bisa lebih gesit kesana-kemari.. pengawasan harus ekstra..

      makasih sudah mampir ke rumah sederhana saya.

      Hapus
  2. betul, Mbak. Kalau ada anak memang sebaiknya faktor keselamatan dulu yang diperhatikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak mikirin deh estetika dekor. hehehe

      Hapus
  3. dulu lagi anak masih kecil , rumah mah gak pernahrapih, dibersihkan sebentar lagi awut-awutan lagi, pasrah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma bisa pasrah. yang penting sama-sama paham aja ya.. mksdnya enggak ada anggota rumah yang ngomel kalau awut-awutan, hehe

      Hapus
  4. Alhamdulillah sekarang rumah kita lebih luas dan enak. Semoga bang Alif betah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Masih ada banyak pe er, Bi.. ruangan lain perlu kita bedah juga...

      Hapus
  5. dulu sewaktu belum ada anak saya rumah rapi banget dan semua benda ada ditempatnya masing-masing berbanding terbalik dengan kondisi rumah yang sekarang, semua berantakan karena mainan anak saya hampir memenuhi setiap sudut rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi itu menjadi kesan tersendiri ya, Mbak... tandanya ada kebahagiaan di rumah kita.

      Terima kasih sudah berkunjung...

      Hapus